Tips Menata Kamar Tidur Supaya Terlihat Rapi

daftar perusahaan desain interior di Bandung

Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup dan nyenyak. Tapi bayangkan jika kamar tidur Anda berantakan dan banyak barang-barang berserakan? Sudah pasti kenyamanan tersebut akan hilang. Sebenarnya menciptakan kamar tidur yang rapi bukan hal sulit. Untuk Anda yang ingin menciptakan kamar tidur bersih, rapi dan nyaman untuk ditempati. Maka bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini.

  • Menerapkan Konsep Minimalis

Sebenarnya menerapkan konsep minimalis tidak berarti menata kamar tidur dengan gaya desain minimalis. Namun hanya menempatkan furniture esensial untuk kamar tidur. Anda bisa memilih furniture yang benar-benar dibutuhkan untuk menata kamar tidur. Misalnya perlengkapan tidur, lemari pakaian, serta meja kerja. Apabila ada furniture yang tidak terlalu dibutuhkan, maka bisa memindahkan ke ruangan lain. Dengan begitu akan membuat kamar tidur menjadi lebih luas dan terlihat lebih rapi.

  • Menyesuaikan Kebutuhan Personal

Untuk konsep minimalis bisa berbeda-beda tergantung masing-masing orang. Tidak hanya tempat tidur, kasur serta lemari pakaian. Mungkin masih banyak orang yang merasa kamar tidur tidak berfungsi maksimal jika tidak ada rak penyimpanan praktis atau meja belajar. Tetapi untuk orang lain juga merasa jika kedua furniture tersebut kurang esensial. Pada intinya, sebenarnya Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dengan kamar yang akan ditempati. Apabila ingin menempatkan furniture tambahan, gunakan furniture yang memiliki fungsi storage. Dengan begitu bisa menambah ruang penyimpanan di kamar tidur.

  • Menggunakan Drawer Sebagai Meja Samping

Meja samping bisa dikatakan sebagai furniture esensial untuk kamar tidur, tetapi kadang bisa berguna untuk meletakkan barang kecil. Fungsi meja samping/side table ini sebagai penyimpanan bisa dikatakan tidak maksimal karena ukurannya kecil. Tetapi ada satu siasat sederhana yang bisa diterapkan ketika menata kamar tidur. Tetapi ada satu cara yang bisa diterapkan saat menata kamar tidur. Dengan menempatkan kabinet berlaci atau drawer yang bersebelahan dengan tempat tidur. Furniture tersebut bisa difungsikan sebagai penyimpanan tambahan yang maksimal.

  • Memasang Gantungan Pakaian Dibawah Ambalan

Ada satu kebutuhan yang terasa sulit dihindari saat menata kamar tidur supaya lebih rapi. Yakni mengenai ruang penyimpanan tambahan. Ambalan menjadi salah satu item yang tepat untuk memaksimalkan dinding sebagai ruang penyimpanan. Anda bisa memasang gantungan pakaian di bawah ambalan yang terpasang di dinding.

  • Pegboard untuk Alternatif Penyimpanan Lain

Anda tidak hanya bisa memasang gantungan saja di dinding, tetapi juga bisa memaksimalkan dinding dengan menempatkan pegboard. Papan kayu ini multifungsi yang bisa dimanfaatkan sebagai rak kayu, mood board dan gantungan baju. Biasanya pegboard ini dibuat dari bahan multipleks (plywood), jadi bisa tahan lama. Pegboard ini memiliki fungsi penyimpanan yang efisien. Jadi membuat kamar tidur menjadi lebih efektif dan menarik pastinya.

Bagian lantai pin juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan tambahan untuk menata kamar tidur. Menggunakan cara ini bukan berarti harus membeli kasur yang memiliki tempat penyimpanan dibawahnya. Namun Anda bis menempatkan rak buku terbuka di bagian bawah tempat tidur.

  • Rajin Membersihkan Kamar

Sudah melakukan cara menata kamar tidur, mulai dari menata furniture dan menyimpan barang-barang ditempatnya. Namun seberapa cermat dan apik menata kamar tidur, pastinya akan segera berantakan lagi jika tidak rajin dalam membersihkannya. Anda bisa menyediakan waktu 15 menit untuk bersih-bersih setiap harinya. Dengan begitu, kamar akan menjadi lebih bersih dan rapi.

Perlengkapan yang Harus Ada di Kamar Tidur

Semakin nyaman dan bersih kamar tidur, maka semakin nyaman pula ketika ditempati. Berikut ini ada beberapa perlengkapan kamar tidur yang harus ada.

  • Tempat Tidur

Sebenarnya tidak semua kamar tidur memiliki tempat tidur. Namun kebanyakan pemilik kamar memilih menggunakan tempat tidur. Anda bisa memilih tempat tidur yang nyaman dan bagus, kemudian bisa menumpukkan bantal warna-warni dan bertekstur. Juga pastikan selimut dan seprai yang digunakan lembut. Dengan begitu kenyamanan tidur akan tetap terjaga.

  • Karpet

Tanpa karpet atau permadani, kamar tidur akan terasa dingin serta tidak menarik. Nah untuk menyiasati hal tersebut, maka bisa memilih permadani yang menambahkan tekstur, warna atau pola ke kamar tidur. Hal ini akan menyatukan ruangan dan meredam suara serta langkah kaki. Untuk bagian terbaiknya adalah saat menurunkan kaki dari tempat tidur akan menyentuh sesuatu yang nyaman dan lembut.

  • Gorden

Salah satu perlengkapan ini baik untuk menjaga privasi dari dunia luar saat berada di kamar tidur. Tentunya kamar tidur Anda memiliki jendela bukan? Bayangkan jika jendela tersebut hanya ada kaca saja. Pada saat-saat tertentu beberapa orang bisa melihat ke dalam kamar tidur Anda. Untuk gorden jendela, Anda bisa memilih gorden dengan tekstur halus dan bisa menyaring sinar matahari saat dibutuhkan untuk tidur siang. Pilih gorden yang bisa menyesuaikan dengan permadani, bantal, furniture atau perabotan lainnya.

  • Bangku atau Sofa

Salah satu perlengkapan penting di kamar tidur lainnya adalah bangku atau sofa. Furniture ini bisa menjadi alternatif lain untuk bersantai selain tempat tidur. Anda bisa meletakkan bangku di ujung tempat tidur sebagai tempat untuk menaruh tas. Supaya lebih mudah, bisa menempatkan bean bag atau bantalan bangku besar empuk sebagai tempat duduk.

  • Lemari Penyimpanan

Merupakan hal penting yang harus ada di kamar tidur. Anda bisa memilih lemari multifungsi. Yang mana tidak hanya bisa dipakai untuk menyimpan baju saja, tetapi juga bisa digunakan untuk cermin hias. Adanya lemari akan membantu Anda meminimalisir berserakan pakaian-pakaian yang baru diangkat dari jemuran atau pakaian kotor. Selain itu, lemari juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan aksesoris serta benda lainnya.

  • Lukisan atau Foto

Selanjutnya Anda juga bisa menggantung lukisan favorit atau cetakan foto warna warni ditempat tidur menjadi cara bagus. Yang mana bisa dimanfaatkan untuk menambahkan kedalaman dan menyuntikkan warna ke kamar tidur pribadi. Anda bisa menggantung beberapa foto atau lukisan yang bisa untuk menghidupkan dinding kamar.

  • Dekorasi Pribadi

Jadikan kamar tidur menampilkan kesan berani dengan menempatkan beberapa barang di ruangan tersebut. Cara ini menyenangkan untuk menambah kesan pribadi ke dalam kamar dan menghangatkan diri dengan rasa nyaman tetapi familiar. Anda bisa menempatkan buku, vas, baki cantik, tempat perhiasan serta barang-barang yang disukai ke dalam kamar.

  • Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang cukup dan berlapis memang dibutuhkan untuk semua kamar di dalam rumah, terutama di kamar tidur. Pastikan terdapat lebih dari satu sumber cahaya untuk kamar tidur. Anda bisa memasang lampu overhead, lampu lantai di sudut, lampu ekstra di meja rias dan lampu di meja samping tempat tidur. Banyaknya cahaya ini akan memberikan efek pencahayaan berlapis yang akan membuat nyaman kamar tidur.

  • Cermin

Pemanfaatan cermin akan membuat kamar tidur menjadi lebih bergaya. Anda bisa menempatkan cermin kotak, bulat atau cermin besar pada lemari. Cermin juga akan memberikan fungsi lebih lapang dan terbuka pada kamar tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp